Bolu Kukus

Siapa yang tidak mengenal bolu kukus? Tiap kali melihat bolu kukus, ingatanku selalu kembali ke masa kecilku. Waktu itu ibu sesekali memanggil tukang kue yang menawarkan dagangannya dengan berkeliling naik sepeda angin. Ya, ibu hanya sesekali saja memanggilnya dan membiarkan anak-anaknya memilih kue sesuka hati dan itu biasanya pas tanggal muda setelah ayah terima gaji, karena tukang kue tersebut menjual kue dengan harga yang relatif mahal bagi ayah yang waktu itu masih menjadi pegawai berpangkat rendah di sebuah kantor pemerintahan.

Penjualnya sudah tua, postur tubuhnya kecil dan kurus. Dagangannya ditaruh dalam kotak alumunium bercat warna hijau yang bentuknya mirip dandang klakat. “Sumber Rasa” itu yang tertulis di kotak dagangannya. tulisan tersebut berwarna kuning. Tiap kali ibu memanggilnya, aku dan adikku begitu girang dan tak sabar menunggu dia menghentikan sepedanya tepat di depan teras rumah kontrakan kami. Begitu penutup kotak dagangannya dibuka, wow !!! hati kami girang sekali melihat aneka kue yang baunya harum dan menggugah selera. Rasanya aku ingin mengambil semua jenis kue yang dia jual dan memindahkannya ke lemari makan ibu yang terbuat dari kayu jati itu. tapi tentu saja itu tak mungkin aku lakukan. Ibu pasti tidak bisa membayarnya jika kue-kue tersebut kuambil semua. Biasanya aku hanya mengambil lumpia dan bolu kukus. Aku suka sekali makan bolu kukus. Aku suka dengan warnanya yang putih tulang dan senyumnya yang merekah dengan dihiasi aneka warna. Biasanya aku memakannya dengan mencelupkan bolu kukus tersebut ke dalam teh hangat manis.

Ketika aku mulai menyukai dunia perbakingan, membuat bolu kukus dengan sukses adalah salah satu obsesiku. Kata orang bikin bolu kukus tuh gampang-gampang susah. Kelihatannya gampang, tapi kalau pas apes dan kena kutukan, maka bolu kukus tersebut cemberut nggak mau ketawa. Beberapa kali browsing mencari resep bolu kukus yang gampang, akhirnya ketemu resepnya di cookpad.

Resep Bolu Kukus

Bahan :

  • 2 butir telur ayam berukuran besar
  • 150 gram gula pasir
  • 1 sdt emulsifier
  • 1/4 sdt garam halus
  • 1/2 sdt vanili
  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 200 ml air soda rasa lime

Cara :

  1. Panaskan steamer. Bungkus tutupnya dengan menggunakan serbet makan.
  2. Kocok gula, telur, emulsifier, vanili dan garam dengan menggunakan mixer berkecepatan tinggi.
  3. Masukkan tepung terigu dan air soda bergantian sambil terus dikocok dengan kecepatan tinggi hingga adonan mengembang dan kental.

    kocok sampai kental

    kocok sampai kental

  4. Ambil sedikit adonan untuk toping dan beri warna sesuai selera.

    tambahkan pewarna sesuai selera

    tambahkan pewarna sesuai selera

  5. Sendokkan adonan dengan menggunakan ice cream scoop dan masukkan ke dalam cetakan bolu kukus yang sudah dialasi cup paper. Tuang sedikit adonan yang berwarna dan aduk perlahan di perukaannya saja

    Adonan dalam cetakan

    Adonan dalam cetakan

  6. Masukkan ke dalam steamer. Kukus selama 10-15 menit sampai matang
    Bolu kukus yang sudah matang

    Bolu kukus yang sudah matang

    merekah sempurna

    merekah sempurna

    Cantiknya...

    Cantiknya…

    Percobaan kedua

    Percobaan kedua

    merekah juga dengan sempurna

    merekah juga dengan sempurna

    yummy !

    yummy !

Begitu test pertama alhamdulillah langsung sukses. Test berikutnya juga sukses merekah dengan sempurna. Akhirnya sekarang nggak tertarik untuk beli bolu kukus di luaran. Udah bisa bikin sendiri sih.

***

Dian Widyaningtyas 

For Fluffy Sensations

June 19th, 2015

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s