Double Apple Muffin

Eit…..jangan bilang muffin lagi muffin lagi dong. Hm….gimana ya menjelaskannya? Muffin itu resepnya simpel, gampang pula dimodifikasi sesuka hati, dan so pasti murah. Sebagai penghobi baking level pemula, baru resep muffin yang berani kumodifikasi sesuai keinginanku. Kalau resep yang lainnya belum PD deh. Aku masih ingin memperdalam dan ngoprek resep muffin. Idih….nggak kebayang, aku yang dulu hobi ngoprek gadget sekarang hobi ngoprek resep. Mungkin kepalaku pernah kejedot apa gitu, makanya sekarang jadi berubah hehehehe.

Setelah beberapa waktu lalu aku bikin Apple Struddel Muffin, sekarang aku bikin Double Apple Muffin. Resep muffin kali ini menggunakan metode butter type cake. Salah satu ciri khasnya adalah pemakaian margarin dalam jumlah yang lumayan banyak. Resep ini juga perlu pengocokan dengan menggunakan mixer dalam waktu yang lumayan lama sampai adonan lembut. Tekstur muffin yang dihasilkan dengan metode ini lebih lembut dibanding dua metode yang lain.

Double apple muffin

Double apple muffin

Double Apple Muffin Recipe

Ingredients :

150 gram margarin

50 gram palm suiker

25 gram white sugar

2 eggs

220 gram all purpose flour

1/2 tbls baking powder

1/4 tsp salt

50 ml sari apel

100 gram apel parut

Instructions :

  1. Kocok margarin, palm suiker, dan gula pasir sekitar 7 menit sampai adonan lembut. Sementara itu panaskan oven dengan suhu 190 derajat celcius.
  2. Masukkan telur satu per satu bergantian dengan campuran tepung terigu dan baking powder.
  3. Masukkan sari apel, aduk rata.
  4. Masukkan apel parut, aduk sampai rata.
    Apel parut kasar

    Apel parut kasar

    Adonan double apple muffin siap dicetak

    Adonan double apple muffin siap dicetak

  5. Tuang dalam cetakan muffin

    Double apple muffin sudah masuk cetakan

    Double apple muffin sudah masuk cetakan

  6. Oven selama kurang lebih 30 menit sampai matang. Gunakan test tusuk dengan lidi.
    Double apple muffin fresh from the oven

    Double apple muffin fresh from the oven

    So browny...

    So browny…

Apakah ada yang tahu kenapa resep ini diberi nama Double Apple Muffin? Coba perhatikan lagi bahan-bahannya. Resep ini memerlukan dua apel dengan bentuk yang berbeda, yang pertama apel yang diparut kasar, dan yang kedua sari apel. So, dari situlah nama Double Apple Muffin berasal. Bagaimana? Tertarik untuk nyobain resepnya? Gampang kok. Cobain ya..

***

Dian Widyaningtyas

For Fluffy Sensations

Monday, on a rainy night, March 16th, 2015

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s